Sabtu, 25 Agustus 2012

JOKER by Valiant Budi (@Vabyo)


Nol..
Nihil dan kosong,
Tapi tetap sebuah nilai..
Nol..
Memenangkan perkalian,
Tidak butuh dipangkatkan,
Karena akan tetap bernilai nol..
Aku mungkin nol, nihil, kosong, 
Tapi tetap bernilai..
Mungkin tanpa arti,
Tapi tetap ada, 
Dihatimu..

Puisi di atas menjadi bagian yang ku favoritkan selain jalan cerita dari novel ini sendiri. Vabyo dengan khasnya berhasil membuatku bingung tentang jalan cerita di Joker. Awalnya abstrak, ditengah mulai jelas, dan di akhir berhasil membuat kaget, buktikan sendiri guys..

Novel ini memiliki dua tokoh bernama Brama dan Alia, dimana keduanya sangat berbeda tapi dalam hal tertentu juga memiliki banyak persamaan.
Mereka selalu bersama, dalam karir sebagai penyiar radio, teman curhat, dan dalam menjawab pertanyaan siapa diri mereka sendiri. Seperti mata uang, Brama menjadi bagian realistis yang nyata namun ragu, sedangkan Alia dianugrahi cinta berlebih yang dikuasai nafsu (agak vulgar), dan lebih liar tapi tak pernah lepas dari Brama.

Alia slalu menjadi sosok penggoda, termasuk menaklukkan Dimas, anak pemilik kos, bahkan lelaki-lelaki lainnya. Mereka terlibat hubungan intim yang janggal, karena kadang Brama selalu mengganggu dengan nasehat-nasehatnya yang benar. Namun Brama juga selalu menjadi secret admirer terhadap Mauri sejak SMA, yang membuat Alia marah kenapa kata cinta tak pernah terucap. Diselingi dengan peristiwa-peristiwa khas dalam suasana stasiun radio swasta, kalian para penyiar bisa belajar banyak dari cara Brama dan Alia siaran dari novel ini.

Tak sesederhana novel-novel lainnya, dari awal kalian sudah akan menemukan kejanggalan-kejanggalan cerita, yang dikemas rapat agar rahasianya tak terbongkar. Dan di akhir, rahasia itu seolah membuat mulut kita berucap “OOOOOO” panjang. Aku tak bisa mengungkap banyak, karena Vabyo jelas tak ingin rahasia novel ini terbongkar duluan sebelum kalian menutup lembaran akhir. Joker bagiku menjadi novel cinta misterius yang penuh intrik yang tak boleh dilewatkan. Jadi, selamat membaca ya, dan garansi pasti kaget akan ujung ceritanya, kecuali bagi yang sering baca novel-novel kayak gini.

See yaaa..   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar